Wednesday, November 9, 2011

Pulsar 135 LS vs Jupiter MX 135

Pulsar 135 LS vs Jupiter MX 135

Walaupun beda genre, tandingan Pulsar 135 LS yang paling pas adalah Jupiter MX 135, kapasitas cc sama – sama 135 plus sama – sama mengaplikasikan 4 katup.
Dari tampilan memang sulit untuk menilai atau membandingkan motor bebek dengan motor laki2. Yang jelas keduanya mempunyai tampilan yang modern alias up 2 date. MX walaupun secara penjualan kalah dengan sodaranya tetapi tampilannya sangat ergonomis dan sporty, tidak kalah dengan sang raja Honda Supra X 125 ataupun Satria FU.
Disisi lain Pulsar 135 LS adalah motor sport ringan yang disiapkan untuk bebekers yang ingin beralih ke motor batangan. Dilihat dari depan ke belakang sangat dinamis dan sporty (kecuali penahan cepretan air :) ). Kelebihan Pulsar karena sudah menggunakan suspensi gas dan spedometer digital ala motor India, walaupun masih suspensi stereo dibanding MX yang udah monoshock.
Sekarang ke daleman mesin. Dilihat dari tenaga secara diatas kertas Pulsar 135 ls diatas angin terhadap MX dengan perbandingan 11,33 dk @ 8.500 rpm (MX) : 13.5 dk @ 9000rpm  , Sebaliknya MX unggul dalam hal torsi 11,65 Nm @ 5.500 rpm dibanding Pulsar 135 LS 11.4Nm @ 7500rpm. Mungkin penyebabnya karena MX bebek sehingga berat motor lebih ringan (104 kg) dibanding motor laki2 (pulsar 135 = 122 kg).
Kompresi yang tinggi (10,9 : 1) membuat MX harus meminum pertamax. Mungkin ini yang menjadi kelebihan pulsar dengan kompresi 9.8:1, pulsar 135 ls  cukup meneguk premium. Satu kelebihan MX dibanding Pulsar 135 LS adalah pengunaan pendingin air yang menjamin mesin tidak cepat panas. Sedangkan Pulsar 135 LS masih menggunakan hembusan angin alias udara .
Pulsar 135 LS selain mampu membawa bensin lebih banyak 2 kali dari MX ( 8+2,5+1,6 : 4 liter) juga lebih irit. 1 liter bensin mampu membawa baby pulsar sejauh 65 km dibanding MX yang hanya menjangkau 52 km.
Bagaimana dengan kinerja mesinnya? Dari data yang ada, untuk melaju 60km/jam MX membutuhkan waktu 5,17 detik sedangkan Pulsar 135 LS membutuhkan waktu sedikit lebih lambat 5,27. Untuk mencapai 80km/jam MX hanya membutuhkan waktu 8,15 detik dan lagi lagi Pulsar 135 LS ketinggalan dengan membukukan waktu 10,03 detik. Siapa yang menang di top speed ? MX membukukan 130 km/jam sedangkan Pulsar 135 LS sedikit lebih kencang dengan 135 km/jam (ada data menyebut 115 km/jam). dari data diatas jelas MX menang di akselerasi sedangkan Pulsar 135 LS unggul di top speed.
Soal harga Pulsar 135 LS dibandrol lebih murah 725 ribu dibanding MX.
Berikut ini spesifikasi Jupiter MX 135 :
Mesin
Tipe mesin : 4-Tak, SOHC 4-valve; Sistem pendinginan : Cair, radioator; Kapasitas murni : 134,4 cc; Diameter x Langkah : 54 x 58,7 mm; Perbandingan kompresi : 10,9 : 1; Tenaga maksimum : 11,33 dk @ 8.500 rpm; Torsi maksimum : 11,65 Nm @ 5.500 rpm; Kapasitas air radiator : 620 cc. Tangki recovery 280 cc; Total 900 cc; Karburator : Mikuni VM 22; Setelan pilot air screw : 1 – 5/8 putaran ke luar; Sistem starter : Elektrik dan kick starter; Tipe transmisi : Rotary, 4-speed; Perbandingan sproket : 14/39. Ukuran antai 428; Sistem pengapian : DC-CDI
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi : 1.945 x 705 x 1.065 mm; Tinggi jok : 770 mm; Jarak sumbu roda : 1.245 mm; Ground clearance : 140 mm
Kapasitas tangki BBM : 4 liter; Berat kosong : 104 kg
Rangka
Tipe : Diamond frame; Suspensi depan : Teleskopik; Suspensi belakang : Tunggal/Monocross; Rem depan : Tunggal; Rem belakang : Tromol; Ban depan : 70/90-17; Ban belakang : 80/90-17
Akselerasi
0 – 60 km/jam
5,17 detik
0 – 80 km/jam
8,15 detik
0 – 100 meter
7,31 detik
0 – 201 meter
11,65 detik
Top speed
130 km/jam
Konsumsi BBM 52 km/liter
Harga : 15.425.000 (CW)
Sedangkan ini data dari pulsar 135 LS :
Spesifikasi Bajaj Pulsar 135 Ligth Sports
Engine Type: 4 stroke, air cooled, 4-valve, single cylinder, SOHC, DTS-i
Displacement: 13.66cc
Max Power: 13.5Ps @ 9000rpm
Max Torque: 11.4Nm @ 7500rpm
Bore x Stroke: 54 x 58.8
Compression Ratio: 9.8:1
Gear Box: 5 Speed (Pattern- 1 Down, 4 Up)
Starting: Kick + self start
Karburator  : 26 mm type CV
Front Suspension: Telescopic front fork with antifriction bush (Stroke 130)
Rear Suspension: Trailing arm with Co Axial Hydraulic cum gas filled adjustable shock absorbers and triple rate coil spring
Front tyre: Tubetype Unidirectional 2.75 x 17″
Rear tyre: Tubetype Unidirectional 100/90 x 17″
Front Brakes: 240 mm Disc Brakes
Rear Brakes: 130 mm Drum Brakes
Fuel Tank: 8 liters, 2.5 liter reserve (1.6 liter usable)
Headlamp: 35/35w
Electricals: Full DC
Wheelbase: 1325mm
Ground clearance: 170mm
Kerb Weight: 122 kgs
Mileage : 65km/liter
Bajaj Pulsar 135 Features
- All New Design For Fuel Tank Like We Have Seen On The XCD Sprint Concept
- New Design Air Scoops – Again From XCD Sprint Concept
- New Design For Alloy Wheels – Black Matt Finish Mag Wheels
- New Digital Instrument Console
- Restyled Headlamp & LED Tail Tamp – From The XCD Sprint Concept
- Sharply Styled Turn Indicators – Like We Have Seen In XCD 135
- New Exhaust Design
- Sporty Split Seats & Split Grab Rails
- Sporty Rear With High Stance & Sporty Mud Guard
Harga : 14,7 juta

Related Posts by Categories



No comments:

Post a Comment

yang Ingin Komen? Silakan.,